Langsung ke konten utama

Cara belajar matematika bangun datar yang menyenangkan untuk anak SD menggunakan Tangram

Cara belajar matematika bangun datar yang menyenangkan untuk anak SD salah satunya  adalah menggunakan tangram. 

Apa itu Tangram?
Tangram adalah permainan yang paling tua yang dikenal dalam matematika. Perminan ini dikembangkan pertama kali di negeri Cina dan sering disebut dengan puzzle china. Tangram berasal dari kata Tang dan Gram. Tangram (Bahasa Mandarin : 七巧板 (qī qiǎo bǎn), secara harafiah berarti "tujuh papan keterampilan") adalah suatu puzzle yang terdiri dari tujuh keping bangun datar (disebut ‘tans’) yang terdiri atas :
-          Dua segitiga siku-siku sama kaki (besar)
-          Dua segitiga siku-siku sama kaki (kecil)
-          Satu segitiga siku-siku sama kaki (sedang)
-          Satu bujursangkar (kecil), dan
-          Satu jajaran genjang


Sejarah dan Perkembangan Tangram
Awal mula tangram ditemukan dan siapa penemunya tidak tercatat dalam sejarah China. Buku pertama yang mencatat tentang tangram dipublikasikan di China pada tahun 1813, namun saat itu tangram sudah dianggap permainan kuno. Menurut cerita, tangram merupakan teka-teki yang sering dimainkan oleh orang-orang Tanka yang hidup di atas kapal-kapal dagang Cina di pelabuhan-pelabuhan Cina sekitar 4000 tahun yang lalu. Orang-orang Tanka berdagang dengan kapal-kapal asing. Kemungkinan nama tangram diambil dari tanka game. Satu alasan yang bisa diberikan mengapa Tangram diyakini sebagai permainan yang berasal dari China walalupun buktinya kurang kuat adalah kemungkinan bahwa tangram merupakan permainan wanita dan anak-anak pada saat itu, sehingga pembelajaran yang mendalam tentang tangram dianggap sia-sia pada jamannya.
Tangram mulai dikenal di Eropa & Amerika pada awal abad ke 19, yang mestinya karena tali perdagangan dengan China yang meningkat. Ada beberapa orang yang  mencari berapa banyak bentuk convex (cembung) yang bisa dibentuk dari keping-keping tangram tersebut.  Fu Traing Wang dan Chuan-Chih Hsiung membuktikan bahwa jawabannya adalah 13 (tiga belas). "Bentuk convex itu digambarkan sebagai berikut: bila ada suatu gambar di kertas dan Anda menggambar dua titik di dalam gambar tersebut (lokasi titik boleh di mana saja, asal masih di dalam gambar), lalu menarik garis lurus antara dua titik tersebut, jika ternyata garis tersebut selalu berada di dalam gambar, maka gambar tersebut adalah convex.  
Tangram yang dulunya hanya permainan kini banyak digunakan sekolah-sekolah dasar untuk membantu proses belajar. Bahkan satu sekolah dasar di Amerika mengunakan tangram sebagai alat pemersatu murid-murid sekolah yang datang dari berbagai suku dan bangsa.   

    

Manfaat Tangram
Para ahli berpendapat bahwa Tangram bermanfaat bagi anak-anak dalam berbagai hal, di antaranya (Bohning and Althouse 1997; Krieger 1991; National Council of Teacher’s Mathematics 2003) :
Ø  Mengembangkan rasa suka terhadap geometri
Ø  Mampu membedakan berbagai bentuk
Ø  Mengembangkan perasaan intuitif terhadap bentuk-bentuk dan relasi-relasi geometri
Ø  Mengembangkan kemampuan rotasi spasial
Ø  Mengembangkan kemampuan pemakaian kata-kata yang tepat untuk memanipulasi bentuk (misalnya ‘ membalik’, ‘memutar’, ‘menggeser’)
Ø  Mempelajari apa artinya ‘kongruen’ (bentuk yang sama dan sebangun)
Ø  Tangram juga dapat menjadi pengalaman multi-kultural bagi para pelajar. Ada beberapa kegiatan seni bahasa yang berpusat seputar Tangram, sehingga di sini terjadi hubungan inter-disipliner bidang ilmu.

Macam-macam bentuk Tangram



Tangram dapat dibentuk menjadi bentuk yang macam-macam, hal ini dapat mengasah daya pikir siswa untuk belajar. Berikut hasil bentuk yang dapat dibentuk dari tangram :


Demikian, semoga bermanfaat dalam membatu pembelajarn Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Perkembangan Fisik anak menurut ARNOLD GESELL : Perkembangan Belajar Peserta Didik 1

TEORI PERKEMBANGAN FISIK ANAK MENURUT ARNOLD GESELL Pengampu: Brigita Erlita T.A, M.Psi. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA 2015 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dalam kehidupan ini, dari waktu ke waktu manusia (makhluk hidup) mengalami suatu perkembangan, entah itu dalam fisik ataupun psikologinya. Di mana dalam kehidupan sehari-hari perkembangan fisik lebih dikenal dengan sebutan pertumbuhan, sedangkan pada yang lainnya (non fisik) dinamakan perkembangan psikologis. Perkembangan psikologi dapat diartikan sebagai perubahan-perubahan tertentu yang muncul pada diri manusia. Dimana dalam makalah ini, akan dibahas mengenai teori-teori perkembangan anak menurut Arnold Gessel. Sehingga dengan dibahasnya teori-teori tersebut dapat membantu orang tua atau guru dalam memahami tingkah laku dalam mendidik anak-anaknya. B.   ...

Format Penyusunan Rencana Pembelajaran Individu (RPI) Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Format Penyusunan Rencana Pembelajaran Individu (RPI) Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) A.     IDENTITAS ANAK Nama                                             : Nama dari siswa yang akan dibuatkan (RPI)  Usia                                              : Usia anak yang akan dibuatkan (RPI) Tanggal lahir                                 : Tanggal lahir anak yang akan dibuatkan (RPI) Tahun Ajaran...