Cara belajar matematika bangun datar yang menyenangkan untuk anak SD salah satunya adalah menggunakan tangram.
Apa itu Tangram?
Tangram adalah permainan yang paling tua
yang dikenal dalam matematika. Perminan ini dikembangkan pertama kali di negeri
Cina dan sering disebut dengan puzzle china. Tangram berasal dari kata Tang dan
Gram. Tangram (Bahasa Mandarin : 七巧板 (qī qiǎo bǎn), secara harafiah
berarti "tujuh papan keterampilan") adalah
suatu puzzle yang terdiri dari tujuh keping bangun datar (disebut
‘tans’) yang terdiri atas :
- Dua segitiga siku-siku sama kaki (besar)
- Dua segitiga siku-siku sama kaki (kecil)
- Satu segitiga siku-siku sama kaki
(sedang)
- Satu bujursangkar (kecil), dan
- Satu jajaran genjang
Sejarah dan Perkembangan Tangram
Awal
mula tangram ditemukan dan siapa penemunya tidak tercatat dalam sejarah China.
Buku pertama yang mencatat tentang tangram dipublikasikan di China pada tahun
1813, namun saat itu tangram sudah dianggap permainan kuno. Menurut cerita, tangram
merupakan teka-teki yang sering dimainkan oleh orang-orang Tanka yang hidup di
atas kapal-kapal dagang Cina di pelabuhan-pelabuhan Cina sekitar 4000 tahun
yang lalu. Orang-orang Tanka berdagang dengan kapal-kapal asing. Kemungkinan
nama tangram diambil dari tanka game. Satu
alasan yang bisa diberikan mengapa Tangram diyakini sebagai permainan yang
berasal dari China walalupun buktinya kurang kuat adalah kemungkinan bahwa
tangram merupakan permainan wanita dan anak-anak pada saat itu, sehingga
pembelajaran yang mendalam tentang tangram dianggap sia-sia pada jamannya.
Tangram
mulai dikenal di Eropa & Amerika pada awal abad ke 19, yang mestinya karena
tali perdagangan dengan China yang meningkat. Ada beberapa orang
yang mencari berapa banyak bentuk convex (cembung) yang bisa dibentuk
dari keping-keping tangram tersebut. Fu Traing Wang dan Chuan-Chih Hsiung
membuktikan bahwa jawabannya adalah 13 (tiga belas). "Bentuk convex itu
digambarkan sebagai berikut: bila ada suatu gambar di kertas dan Anda
menggambar dua titik di dalam gambar tersebut (lokasi titik boleh di mana saja,
asal masih di dalam gambar), lalu menarik garis lurus antara dua titik
tersebut, jika ternyata garis tersebut selalu berada di dalam gambar, maka
gambar tersebut adalah convex.
Tangram
yang dulunya hanya permainan kini banyak digunakan sekolah-sekolah dasar untuk
membantu proses belajar. Bahkan satu sekolah dasar di Amerika mengunakan
tangram sebagai alat pemersatu murid-murid sekolah yang datang dari berbagai
suku dan bangsa.
Manfaat Tangram
Para
ahli berpendapat bahwa Tangram bermanfaat bagi anak-anak dalam berbagai hal, di
antaranya (Bohning and Althouse 1997; Krieger 1991; National Council of
Teacher’s Mathematics 2003) :
Ø Mengembangkan
rasa suka terhadap geometri
Ø Mampu
membedakan berbagai bentuk
Ø Mengembangkan
perasaan intuitif terhadap bentuk-bentuk dan relasi-relasi geometri
Ø Mengembangkan
kemampuan rotasi spasial
Ø Mengembangkan
kemampuan pemakaian kata-kata yang tepat untuk memanipulasi bentuk (misalnya ‘
membalik’, ‘memutar’, ‘menggeser’)
Ø Mempelajari
apa artinya ‘kongruen’ (bentuk yang sama dan sebangun)
Ø Tangram
juga dapat menjadi pengalaman multi-kultural bagi para pelajar. Ada beberapa
kegiatan seni bahasa yang berpusat seputar Tangram, sehingga di sini terjadi
hubungan inter-disipliner bidang ilmu.
Macam-macam bentuk Tangram
Tangram dapat dibentuk menjadi bentuk yang macam-macam, hal ini dapat mengasah daya pikir siswa untuk belajar. Berikut hasil bentuk yang dapat dibentuk dari tangram :
Demikian, semoga bermanfaat dalam membatu pembelajarn Anda.






Komentar
Posting Komentar