Langsung ke konten utama

Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)

A.    Model Pembelajaran: Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
(Tahap PBM 1: Orientasi siswa pada masalah)
          Guru menginformasikan tujuan-tujuan pembelajaran, mendeskripsikan kebutuhan-kebutuhan logistik penting, dan memotivasi siswa agar terlibat dalam kegiatan pemecahan masalah yang mereka pilih sendiri.
(Tahap PBM 2 : Mengorganisasi siswa untuk belajar)
          Guru membantu siswa menentukan dan mengatur tugas-tugas belajar yang berhubungan dengan masalah itu.
(Tahap PBM 3 : Membimbing penyelidikan)
          Kelompok berdiskusi bersama temuan-temuan yang sebelumnya mereka cari. Dalam diskusi ini, guru berkeliling membantu supaya prosesnya dapat berjalan dengan lancer.
(Tahap PBM 4 :Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
          Kelompok mempresentasikan hasil temuan mereka di depan kelas kemudian teman-teman yang lain ikut menanggapi secara kritis apa temuan mereka.
(Tahap PBM 5 : Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah)
          Guru memberikan tanggapan dan penilaian, apakah temuan kelompok sudah baik atau perlu beberapa tambahan. Dapat juga guru membaerikan tanggapan umun dan tambahan demi kelengkapan untuk semua.

Daftar Pustaka:

Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran: Isu-Isu metodologis dan Paradigmatis. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR

Komentar

  1. Online Casino in the Philippines | Casino Online | Kadangpintar
    Welcome to Online Casino. Kadangpintar! Play the latest online 바카라 casino games, get 샌즈카지노 a 100% Welcome Bonus 온카지노 of ₦25050!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara belajar matematika bangun datar yang menyenangkan untuk anak SD menggunakan Tangram

Cara belajar matematika bangun datar yang menyenangkan untuk anak SD salah satunya  adalah menggunakan tangram.  Apa itu  Tangram ? Tangram adalah permainan yang paling tua yang dikenal dalam matematika. Perminan ini dikembangkan pertama kali di negeri Cina dan sering disebut dengan puzzle china. Tangram berasal dari kata Tang dan Gram. Tangram (Bahasa Mandarin :  七巧板  (qī qi ǎ o b ǎ n), secara harafiah berarti "tujuh papan keterampilan") adalah suatu puzzle yang terdiri dari tujuh keping bangun datar (disebut ‘tans’) yang terdiri atas : -            Dua segitiga siku-siku sama kaki (besar) -            Dua segitiga siku-siku sama kaki (kecil) -            Satu segitiga siku-siku sama kaki (sedang) -            Satu buj...

Teori Perkembangan Fisik anak menurut ARNOLD GESELL : Perkembangan Belajar Peserta Didik 1

TEORI PERKEMBANGAN FISIK ANAK MENURUT ARNOLD GESELL Pengampu: Brigita Erlita T.A, M.Psi. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA 2015 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dalam kehidupan ini, dari waktu ke waktu manusia (makhluk hidup) mengalami suatu perkembangan, entah itu dalam fisik ataupun psikologinya. Di mana dalam kehidupan sehari-hari perkembangan fisik lebih dikenal dengan sebutan pertumbuhan, sedangkan pada yang lainnya (non fisik) dinamakan perkembangan psikologis. Perkembangan psikologi dapat diartikan sebagai perubahan-perubahan tertentu yang muncul pada diri manusia. Dimana dalam makalah ini, akan dibahas mengenai teori-teori perkembangan anak menurut Arnold Gessel. Sehingga dengan dibahasnya teori-teori tersebut dapat membantu orang tua atau guru dalam memahami tingkah laku dalam mendidik anak-anaknya. B.   ...

Format Penyusunan Rencana Pembelajaran Individu (RPI) Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Format Penyusunan Rencana Pembelajaran Individu (RPI) Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) A.     IDENTITAS ANAK Nama                                             : Nama dari siswa yang akan dibuatkan (RPI)  Usia                                              : Usia anak yang akan dibuatkan (RPI) Tanggal lahir                                 : Tanggal lahir anak yang akan dibuatkan (RPI) Tahun Ajaran...