Langsung ke konten utama

Review film “Taare Zameen Par” : Every Child Is Special // Perkembangan Belajar Peserta Didik 2






Nama   : Lia Sri Sumaryati
Nim     : 151134179

Tugas Review film “Taare Zameen Par” 


1. Aspek yang terhambat dalam diri  Ishaan adalah membaca, menulis, dan berhitung secara dasar. Hambatan tersebut dikarenakan Ishaan mengalami Dyslexia (kesulitan mengenali huruf), Dyskalkulia (kesulitan dalam matematis : jarak, kecepatan, ukuran), dan Dysgraphia ( kesulitan dalam menulis huruf dan angka). Dyslexsia pada Ishaan terlihat saat dia kesulitan di minta membaca oleh gurunya semua tulisan menari-nari sebelum sempat dibaca, Dyskalkulia pada Ishaan saat bola temannya terlempar ke arah Ishaan dan ia tidak dapat menangkapnya atau mengembalikan bola kepada temannya, Dysgraphia terlihat pada buku Ishaan banyak coretan dan lingkaran merah karena Ishaan menulis dengan ejaan yang terbalik angka yang juga terbalik.
2. Pendampingan keluarga yang terlambat mengetahui akan masalah yang di hadapi Ishaan dan malah mengirimnya jauh ke sekolahan yang berasrama. Kurangnya pendampingan seorang ayah yang tidak mendengarkan pendapat orang lain juga ayah yang ringan tangan sehingga kurang mengerti yang di rasakan oleh anaknya. Bersifat otoriter dan disiplin dalam mendidik anak-anaknya. Peran ibu dalam pendampingan Ishaan cukup baik, tetapi kadang ibunya juga muram karena Ishaan selalu mengulangi kesalahan yang sama pada buku catatannya dan berkata “tidak” jika ibunya memintanya mengulangi pekerjaan rumahnya. Walau pada akhirnya ibunya membaca-baca artikel di internet mengenai permasalahan anaknya, setelah Guru Nikumbh mendatangi rumahnya dan mengatakan jika Ishaan mengalami Dyslexsia, karena tidak mau jika dianggap tidak tahu apa-apa mengenai anaknya.
3. Pendampingan sekolah mengenai masalah Ishaan juga terlambat karena ketidaktahuan mengenai masalah yang dihadapi Ishaan yang malah memperburuk keadaan. Guru yang mengecap Ishaan sebagai anak yang bodoh, nakal, dan idiot semakin membuat Ishaan terpuruk. Ishan menjadi anak yang takut dengan guru, perintah, dan tulisan bahkan Ishaan juga berhenti melukis. Pada akhirnya ada seorang guru baru bernama Ram Shankar Nikumbh yang juga seorang penyandang Dyslexia penasaran dengan Ishaan yang tidak seperti anak-anak yang lain. Lalu dia mencari tahu mengenai Ishan dari buku tugasnya, dia lalu mengetahui jika permasalahan yang di hadapi Ishaan adalah kesulitan dalam mengenali huruf dan membaca dan menulis. Ishaan kemudian dibangun kembali kepercayaan dirinya oleh Guru Nikumbh, dan di ajarkan membaca dan menulis serta berhitung dengan metode yang berbeda dari anak biasanya. Akhirnya Ishaan bisa membaca dan menulis seperti teman-teman yang lain.
4. Dari pendampingan guru tersebut  Ishaan kembali bangkit dari keterpurukannya. Ishaan juga bisa membaca, menulis, dan bermain bola seperti layaknya anak lain. Sampai pada suatu saat Guru Nikumbh mengadakan lomba melukis yang di pesertanya murid dan guru. Awalnya Guru Nikumbh khawatir pada Ishaan karena dia tidak kunjung datang, tetapi setelah Ishaan datang Guru Nikumbh menjadi semangat memberikan kertas untuk melukis pada Ishaan dan dia juga mulai melukis. Sampai akhirnya lukisan Ishaan menjadi juara dan mendapat standing applause. Isahaan melukis kisah hidupnya dan Guru Nikumbh melukis wajah Ishaan. Orang tuannya akhirnya datang ke sekolah dan semua guru mengatakan bahwa Ishaan anak yang jenius.

Semoga bermanfaat dalam menjadi referensi Anda :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara belajar matematika bangun datar yang menyenangkan untuk anak SD menggunakan Tangram

Cara belajar matematika bangun datar yang menyenangkan untuk anak SD salah satunya  adalah menggunakan tangram.  Apa itu  Tangram ? Tangram adalah permainan yang paling tua yang dikenal dalam matematika. Perminan ini dikembangkan pertama kali di negeri Cina dan sering disebut dengan puzzle china. Tangram berasal dari kata Tang dan Gram. Tangram (Bahasa Mandarin :  七巧板  (qī qi ǎ o b ǎ n), secara harafiah berarti "tujuh papan keterampilan") adalah suatu puzzle yang terdiri dari tujuh keping bangun datar (disebut ‘tans’) yang terdiri atas : -            Dua segitiga siku-siku sama kaki (besar) -            Dua segitiga siku-siku sama kaki (kecil) -            Satu segitiga siku-siku sama kaki (sedang) -            Satu buj...

Teori Perkembangan Fisik anak menurut ARNOLD GESELL : Perkembangan Belajar Peserta Didik 1

TEORI PERKEMBANGAN FISIK ANAK MENURUT ARNOLD GESELL Pengampu: Brigita Erlita T.A, M.Psi. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA 2015 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Dalam kehidupan ini, dari waktu ke waktu manusia (makhluk hidup) mengalami suatu perkembangan, entah itu dalam fisik ataupun psikologinya. Di mana dalam kehidupan sehari-hari perkembangan fisik lebih dikenal dengan sebutan pertumbuhan, sedangkan pada yang lainnya (non fisik) dinamakan perkembangan psikologis. Perkembangan psikologi dapat diartikan sebagai perubahan-perubahan tertentu yang muncul pada diri manusia. Dimana dalam makalah ini, akan dibahas mengenai teori-teori perkembangan anak menurut Arnold Gessel. Sehingga dengan dibahasnya teori-teori tersebut dapat membantu orang tua atau guru dalam memahami tingkah laku dalam mendidik anak-anaknya. B.   ...

Format Penyusunan Rencana Pembelajaran Individu (RPI) Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Format Penyusunan Rencana Pembelajaran Individu (RPI) Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) A.     IDENTITAS ANAK Nama                                             : Nama dari siswa yang akan dibuatkan (RPI)  Usia                                              : Usia anak yang akan dibuatkan (RPI) Tanggal lahir                                 : Tanggal lahir anak yang akan dibuatkan (RPI) Tahun Ajaran...